Dinas Perikanan dan Peternakan

Perairan umum mempunyai posisi yang strategis dan berfungsi multi guna, selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan oleh sektor perindustrian, pariwisata, pemukiman dan sebagainya. Perairan umum terdiri dari danau, waduk, rawa, sungai serta genangan lainnya, merupakan salah satu sumberdaya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan.

Pengelolaan perairan umum sebagai salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan sumberdaya secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana, kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan diperairan umum melalui kegiatan penangkapan dan budidaya cenderung tidak terkendali, dimana jumlah tangkapan tidak lagi seimbang dengan pemulihan, agar terjadi keseimbangan makan diperlukan pengelolaan sumberdaya yang lebih hati-hati.Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan umum, serta terjaminnya kelangsungan usaha pemanfaatan sumberdaya ikan dengan tetap mempertahankan kelestarian sumberdaya ikan di perairan umum, maka perlu dilakukan Restocking

IMG_0036

Restocking adalah salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan diperairan umum, pada perairan umum yang dianggap telah mengalami krisis akibat Penangkapan Ikan atau tingkat pemanfaatan secara berlebihan. Tujuan restocking selain menambahkan stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Benih yang disebar di perairan umum merupakan hasil produksi benih UPT Balai Benih (BBI) Dinas Peternakan dan  Perikanan Kabupaten Bogor yang didistribusikan ke 15 situ yang berada di Kabupaten Bogor.

Benih ikan dari BBI-page-001

Kegiatan penyebaran benih juga mendapatkan bantuan benih ikan dari Dinas Perikanan dan kelautan Provinsi Jawa Barat sebanyak 445.000 ekor. Benih ikan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat tersebut disebar pada beberapa setu di Kabupaten Bogor, berikut data penyebaran benih ikan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat.

benih provinsi

 

HASIL AKHIR KEGIATAN

Dengan adanya kegiatan ini akan diperoleh hasil sebagai berikut:

Ouput (Keluaran)

  1. Terfasilitasinya kegiatan penyebaran benih ikan di perairan umum yang tersebar di 15 situs Kabupaten Bogor, dengan penebaran sebanyak 1.125.000 Ekor Benih Ikan yang terdiri dari ikan Nila 375.000 ekor, ikan Mas 375.000 ekor, dan ikan Tawes 375.000 ekor. 
  2. Terfasilitasinya penyebaran 445.000 ekor benih ikan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat yang telah disebar pada Setu Kibing Kec. Cibinong, Setu Singa Bangsa Kec. Tenjo, Sungai Ciliwung Kec. Cisarua (Taman Matahari) dan Setu Kedondong Kec. Jasinga yang terdiri dari benih ikan nila, mata merah, mas dan tawes.
  3. Terfasilitasinya stok ikan di perairan umum.
  4. Tersedianya papan peringatan sebagai upaya pengaturan penangkapan ikan.

IMG_0307

Outcome (Hasil)

  1. Peningkatan stok populasi ikan diperairan umum.
  2. Pelestarian keanekaragaman sumberdaya ikan.
  3. Peningkatan produksi ikan diperairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.
  4. Peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum melalui peningkatan pendapatan yang merata dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

IMG_0074 cRestocking 1IMG_1190



2017 © Dinas Perikanan dan Peternakan