Dinas Perikanan dan Peternakan

CIBUNGBULANG (15/11). Menteri Pertanian RI; Amran Sulaiman melakukan launching Gerakan Inseminasi Buatan (IB) Serempak Se-Indonesia di Kawasan Usaha Ternak (KUNAK) Sapi Perah, Cibungbulang, Bogor. Program ini dilakukan serempak pada 11.000 ekor sapi di Indonesia bagian dari Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB). Ini dilakukan sebagai salah satu cara agar Indonesia mampu swasembada daging sapi. Amran menyampaikan "Potensi sapi indukan di dalam negeri dapat terus menghasilkan pedet dalam rangka menambah populasi ternak nasional".

Upsus SIWAB mencakup dua program utama yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (Inka). Program tersebut dituangkan dalam peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting yang ditandatangani Menteri Pertanian pada tanggal 3 Oktober 2016. Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan pemerintah untuk tercapai pada 2026  mendatang serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.

Upsus Siwab 2017 ini dilaksanakan melalui strategi optimalisasi inseminasi di 33 provinsi yang dibagi dalam tiga bagian. Pertama daerah sentra sapi yang pemeliharaannya sudah dilaksanakan secara intensif, seperti di Jawa, Bali, dan Lampung dengan populasi betina sebanyak 3,3 juta ekor. Kedua, daerah sentra peternakan dengan sistem pemeliharaan semiintensif, seperti di Sulawesi Selatan, Sumatra, dan Kalimantan dengan potensi populasi betina sebanyak 1,9 juta ekor. Ketiga, daerah ekstensif dengan total populasi betina sebanyak 0,7 juta ekor yang tersebar di NTT, NTB, Papua, Maluku, Sulawesi, Aceh, serta Kalimantan Utara.

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Adang Suptandar menyampaikan bahwa peranan sektor peternakan sangat strategis dalam menopang pembangunan Kabupaten Bogor.

IMG-20161116-WA0006

Menteri Pertanian saat menyampaikan arahan mengenai Gerakan Inseminasi Buatan di KUNAK Sapi Perah, Bogor.



2017 © Dinas Perikanan dan Peternakan